FOOD & BEVERAGE SERVICE
1. Pengertian F&B Dept.
Definisi F&B Dept secara umum adalah bagian mengurus makanan dan minuman, sedangkan secara khusus (dilihat dari perhotelan ) adalah bagian dari hotel yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makanan dan minuman serta kebutuhan lain yang terkait, dari para tamu yang tinggal maupun tidak tinggal dan dikelola secara komersial dan professional.
2. Pembagian F&B Dept.
a. Dept F&B Front Service bertugas dibagian depan yaitu : Restoran, Lobby, Coffee shop, bar, lounge, banquet dan room service
b. Dept F&B Back Service bertugas dibagian belakang yaitu : Kitchen, stewarding, swimingpooll, service bar dan kantin karyawan.
3. Tujuan F&B Dept.
Menjual makanan dan minuman sebanyak-banyaknya dengan harga yang telah ditentuakan sesuai standart, memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada tamu hingga tamu merasa puas dan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan kesinambungan usaha.
4. ROOM SERVICE
Hotel berbintang biasanya mengoperasikan pelayanan room service selama 24 jam. Pelayanan dilakukan dikkamar masing-masing, berdasarkan suatu system tertentu dan pemilihan waktu yang tepat. Harga makanan dan minuman biasanya lebih tinggi dari pada coffee shop.
5. BANQUET
Pelayanan banquet bisa dilakukan di hotel, maupun diluar hotel berupa out side catering. Pelayanan banquet biasanya dilakukan dalam jumlah besar dan untuk kesempatan-kesempatan khusus seperti konvensi, seminar, penggalangan dana, halalbihalal, buka puasa bersama, acara pesta pernikahan/ulangtahun, jamuan makan dll.
Beberapa Staff F&B Service Grand Fatma Hotel
Tidak ada komentar:
Posting Komentar